Rabu, 18 Juni 2014

Kelas Latihan Soal Bahasa Indonesia Semester Gasal

Latihan Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester Gasal

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat!
Kutipan laporan berikut ini untuk soal nomor 1 dan 2.
(1) Di Kabupaten Pacitan terdapat wisata alam yang sangat indah, di antaranya adalah Pantai Srau yang sangat perawan. (2) Pantai ini berada di balik bukit kapur dan tak ada akses kendaraan umum menuju ke sana. (3) Selain jalan yang menanjak dan berkelok-kelok, kondisi jalan juga tak mulus dan sempit. (4) Baru belakangan ini saja mulai banyak wisatawan yang berkunjung. (5) Beberapa wisatawan asing menggunakan Pantai Srau sebagai lokasi surfing.

1.      Kalimat yang mengandung unsur ‘di mana’ adalah kalimat nomor ....
a.       1 dan 2
b.      2 dan 3
c.       3 dan 4
d.      4 dan 5

2.      Pola urutan yang digunakan oleh kutipan laporan tersebut adalah pola urutan ....
a.       kegiatan
b.      tempat
c.       topik
d.      waktu

Kutipan laporan berikut untuk soal nomor 3 dan 4.
Pada Hari Sabtu, 18 Februari 2012 pukul 09.00 rombongan kami tiba gua Jati Jajar. Gua Jatijajar merupakan sebuah gua yang terbentuk selama ribuan tahun di kaki pegunungan kapur. Setelah berkunjung ke gua Jatijajar, kami pergi ke Kraton Yogyakarata dan tiba pada pukul 14.00. Kraton Yogyakarata adalah obyek utama di Kota Yogyakarta. Bangunan Bersejarah yang merupakan istana dan tempat tinggal dari Sultan Hamengku Buwana dan keluarganya ini berdiri sejak tahun 1756.  Setelah itu, kami pergi ke Malioboro dan tiba pada pukul 16.30. Di jalan teramai di Yogyakarta ini kami berbelanja untuk membeli oleh-oleh.
Pada Hari Ahad, 19 Februari 2012, kami mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta. Kami tiba di sana pada pukul 08.30. Di sana kami melihat sejarah Yogya dan lainya. Setelah itu, kami berangkat ke Candi Borobudur dan tiba pukul 03.30 sore. Candi Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya.

3.      Kalimat kritikan yang paling baik terhadap isi kutipan laporan tersebut adalah ...
a.       Membaca laporan ini serasa membaca berita kosong, tidak ada informasi penting yang dapat diambil dari laporan itu.
b.      Sangat disayangkan laporan yang bagus itu tidak didahului dengan penjelasan detail mengenai lokasi tujuan.
c.       Laporan tersebut sangat buruk mengingat tidak ada penjelasan yang sempurna perihal tempat yang dituju oleh peserta.
d.      Laporan tersebut sebenarnya menarik, namun penjelasan mengenai tempat-tempat yang dituju kurang detail.

4.      Kalimat masukan yang paling sesuai terhadap isi laporan di atas adalah ...
a.       Laporan tersebut seharusnya tidak ditulis sesingkat itu tetapi yang lebih panjang agar jelas dibaca.
b.      Laporan itu harus diubah dengan mencantumkan waktu setiap sampai di tempat tujuan wisata.
c.       Sebaiknya setiap tempat diterangkan secara detail untuk mendapatkan gambaran yang lebih nyata.

d.      Sebaiknya penulis menegaskan apakah laporan tersebut mau menggunakan pola urutan waktu atau tempat.